Judul                     : Cara Praktis Baca Elektrokardiografi (EKG)
Penulis                  : Saryono dan Iwan Purnawan
Sampul                 : @Bay
Layout                  : isna1
ISBN                    : 978-602-1547-38-0
Cetakan                : Pertama
Tahun Penerbitan : Mei 2014
Penerbit                : Nuha Medika, Yogyakarta (nuhamedika@gmail.com - nuhamedika@yahoo.com)
Jumlah halaman   : viii+124
Harga                   : -

Buku mengenai EKG dengan fokus pembaca ditujukan untuk mahasiswa kesehatan disusun dengan cukup apik oleh penulis. Pembahasan yang ringkas dan sistematis memudahkan pembaca untuk memahami secara praktis hasil rekaman kelistrikan jantung yang tertuang dalam EKG. Terdiri atas sembilan bab, yaitu: Pendahuluan, Sistem Konduksi Jantung, Dasar-dasar EKG, Gambaran EKG, Interpretasi EKG, Disritmia Jantung, EKG pada Penyakit Jantung Koroner, Rangkuman, dan Latihan.


Beberapa bab awal berisi review mengenai mekanisme fisiologi kerja jantung, termasuk sistem konduksi jantung. Kemudian dilanjutkan dengan dasar-dasar EKG dan cara melakukan pemeriksaan EKG. Pembahasan dibuat simpel dengan  poin per poin disertai dengan gambar-gambar yang terkait.
   


Menariknya, pada dua bab terakhir penulis menambahkan Bab Rangkuman dan Latihan. Bab Rangkuman berisi cara membaca 12 lead EKG yang diringkas dari pembahasan bab-bab sebelumnya menjadi 10 langkah yang dibahas dalam 3 halaman. Bab Latihan merupakan bab penutup yang berisi berbagai kasus dengan gambaran EKG dan disertai pembahasannya. Selain itu, buku dengan ukuran sekitar 19 cm x 12 cm  ini tergolong mungil (lebih kecil dari kertas A5) sehingga mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana.


Categories: